Google Melacak Perangkat Android Kita Melebihi Yang Kita Duga

Location service - Android
Fitur location service yang ada di perangkat Android kita sudah merevolusi cara kita menempuh suatu perjalanan. Kita bisa diantar dengan mudah oleh fitur tersebut dari lokasi X ke lokasi Y. 

Location history memungkinkan perangkat kita memberikan update lalu lintas secara otomatis sepanjang rute perjalanan yang kita lalui, atau memberikan kita peta dimana kita bepergian pada hari tertentu sebelumnya. Untuk menyajikan informasi seperti ini Google harus mengetahui dimana kita sekarang dan dari mana, jadi Google melacak nomor layanan smartphone kita seperti GPS dan data Wi-Fi.


Tetapi ternyata itu hanyalah sebagian kecil saja dari berbagai macam hal yang ada dibalik location service yang disediakan Google. Berdasarkan penyelidikan Quartz, melalui fitur location history, Google melacak semua pergerakan kita, dan temuannya mungkin sangat mengejutkan!! Google melacak melebihi dugaan kita. 

Berikut di bawah ini adalah daftar fitur perangkat yang bisa dilacak Google melaui location history perangkat kita:
  • Daftar jenis pergerakan kita yang dilacak berdasarkan pergerakan perangkat kita berdasarkan probabilitas, misalnya kita sedang berjalan: 51%, bersepeda: 4%, di kereta api: 3%, dst.
  • Tekanan barometrik
  • Apakah kita terhubung ke Wi-Fi atau tidak
  • Alamat MAC (yang merupakan identifier unik) dari Wi-Fi dimana perangkat kita sedang terhubung. Termasuk juga melacak alamat MAC, kekuatan sinyal, dan frekuensi dari setiap titik akses Wi-Fi terdekat yang ada di sekitar kita
  • Alamat MAC, identifier, type, dan dua ukuran kekuatan sinyal dari setiap sinyal Bluetooth yang ada di sekitar kita
  • Tingkat keterisian baterai smartphone kita dan apakah smartphone kita sedang charging atau tidak
  • Voltage/tegangan baterai perangkat kita
  • Koordinat GPS perangkat kita dan akurasi koordinat tersebut, termasuk juga elevasi/ketinggian dan akurasi GPS perangkat kita
Bahkan Google juga bisa melacak smartphone kita melalui Bluetooth saat Bluetooth kita sedang off. Untuk cara kerjanya bisa dipelajari di situs web di link ini.

No comments: