Membuat kode "Java" pertama

Kita akan membuat kode program "Java" pertama yang menampilkan output Halo Dunia di console. Berikut langkah-langkahnya (IDE yang digunakan dalam tutorial disini adalah Netbeans):

1. Kita buat file java: HaloDunia.java dan kode seperti berikut di bawah ini:
public class HaloDunia {
    public static void main(String[] args) {
        // Menampilkan output Halo Dunia di console
        System.out.println("Halo Dunia");
    }
}


2. Kita "Run" (tombol run), hasilnya adalah seperti berikut:
Halo Dunia
3. Penjelasan:

kode:
public class HaloDunia
adalah kode untuk mendefinisikan class. Semua program Java harus memiliki minimal satu class. Masing-masing class memiliki nama. Berdasarkan konvensi, nama class dimulai dengan huruf kapital. Dalam contoh ini, nama class adalah HaloDunia

kode:
public static void main(String[] args)
berfungsi mendefinisikan method main. Program akan dieksekusi dari method main. Suatu class bisa saja berisi banyak method. Method main adalah entry dimana program dieksekusi.
Method adalah suatu bangunan yang berisi statement. Method main di dalam program ini berisi statement System.out.println. Statement ini menampilkan string Halo Dunia di console, yang berasal dari statement pada baris:
System.out.println("Halo Dunia");
String adalah istilah pemrograman yang artinya rangkaian karakter. Suatu string harus ditulis dalam tanda double quot. Semua kode program Java harus diakhiri dengan tanda titik koma (;) atau disebut dengan statement terminator.

Reserved words atau keywords, memiliki arti khusus bagi compiler dan tidak bisa digunakan untuk hal lain di dalam program. Misalnya, ketika compiler mendeteksi kata class, compiler akan tahu bahwa kata setelah class adalah nama class. Beberapa reserved words dalam program di atas adalah public, static, dan void.

kode:
// Menampilkan output Halo Dunia di console
adalah komentar. Komentar digunakan untuk membantu programmer berkomunikasi dan memahami program. Komentar bukanlah statement dan dengan demikian akan diabaikan oleh compiler. Di Java, komentar dimulai dengan double slash (//) untuk komentar satu baris, untuk komentar lebih dari satu baris menggunakan tanda /* dan */

Sepasang tanda kurung kurawal { dan } berfungsi untuk membuat blok program. Semua class memiliki blok class yang berisi data dan method dari class. Demikian juga, semua method memiliki blok method yang berisi daftar statement di dalam method tersebut. Blok juga bisa berkalang, yang artinya blok di dalam blok.

Catatan:
Kode program java adalah case sensitive. kata main tidak bisa diganti dengan Main.

No comments: