Tool atau Sofware Untuk Membuat Dokumen HTML

Kita bisa membuat laman-laman web (atau kode-kode HTML) dengan menggunakan editor teks sederhana, seperti Notepad++, Notepad, TextPad, atau TextEdit. Editor teks adalah suatu program yang digunakan user untuk memasukkan, mengubah, menyimpan, dan mencetak teks, seperti HTML. Editor-teks tidak memiliki banyak fitur-fitur yang canggih, tetapi editor-editor teks tersebut bisa membantu kita membuat dokuemen HTML dengan mudah. Misalnya, jika kita ingin memasukkan tag DOCTYPE ke dalam file laman web, ketikkan teks yang diperlukan ke dalam editor teks tersebut. Meskipun Notepad adalah editor teks yang sudah cukup untuk pengembangan web, tetapi ada perbedaan dengan Notepad++. Notepad++ adalah editor teks yang lebih handal yang menggunakan warna-warna untuk kode HTML yang dimasukkan.

Kita juga dapat membuat laman-laman web dengan menggunakan editor teks HTML, seperti EditPlus atau BBEdit untuk Mac OS. Editor teks HTML adalah suatu program yang memyediakan berbagai fungsi editing untuk teks baik fungsi dasar maupun fungsi fitur-fitur yang canggih seperti peng-kode-an warna untuk berbagai tag HTML, menu-menu untuk memasukkan tag-tag HTML, dan spell checker. Suatu editor object HTML, seperti misalnya editor EiffelStudio, menyediakan fungsi tambahan yang bisa membuat kita melakukan expand dan collapse pada berbagai object dan properti HTML, meng-edit parameter, dan melihat grafik yang ada pada object yang sedang di-expand.

Banyak software yang memberikan fitur-fitur yang memungkinkan kita membuat laman web dengan mudah. Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint, misalnya, punya fitur untuk "Save as Web Page yang meng-konversi dokumen menjadi file HTML dengan cara menambahkan tag-tag HTML secara otomatis. Dengan menggunakan Microsoft Access, kita bisa membuat laman web yang bisa membuat kita melihat data dalam database. Adobe Acrobat juga memiliki fitur export untuk membuat file-file HTML. Semua aplikasi tersebut juga bisa membuat kita menambahkan hyperlink, kotak drop-down, tombol option, atau teks scrolling ke laman web.

Berbagai fitur web yang canggih tersebut memudahkan kita untuk menyimpan dokumen apapun, spreadsheet, database, atau presentasi untuk ditampilkan sebagai laman web. Berbagai pedoman dan presentassi powerpoint prosedur dan kebijakan perusahaan, misalnya, bisa disimpan dengan mudah sebagai laman web dan di-publish di inttranet perusahaan. Para pengguna bisa diberi akses ke laman-laman web yang membuat pengguna untuk melihat atau meng-update informasi yang disimpan di dalam database.

Kita juga bisa membuat laman-laman web dengan menggunakan editor WYSIWYG seperti Adobe Dreamweaver, Amaya, atau CoffeCup. Editor WYSIWYG adalah program yang memberikan GUI (graphical user interface) yang membuat developer untuk mem-preview laman web selama proses pengembangan/pembuatan. WYSIWYG (diucapkan wizzy-wig) adalah singkatan dari What You See Is What You Get. Suatu editor WYSIWYG membuat kode HTML untuk kita ketika kiita menambahkan elemen-elemen ke laman web, yang artinya kita tidak perlu memasukkan tag-tag HTML secara langsung. Problem utama dengan editor WYSIWYG adalah bahwa editor-editor tersebut seringkali membuat kode HTML dengan tag-tag yang memiliki banyak baris tambahan yang tidak diperlukan.

Terlepas dari progrma yang kita gunakan untuk membuat laman-laman web, hal yang penting adalah bahwa kita paham dengan hal-hal spesifik seputar HTML sehingga kita bisa membuat perubahan-perubahan sendiri diluar editor. Misalnya, kita mungkin bisa membuat laman web dengan Dreamweaver, tetapi jika kita ingin membuat perubahan kecil, sangat enak kalau kita tahu tag-tag HTML tersebut. Sangat penting juga untuk memahami siklus hidup pengembangan web sehingga laman-laman web di situs kita konsisten dan lengkap.

No comments: